Cara Membuat Responsive ConstraintLayout di Android Studio

 

Salah satu fitur layout manager terbaru ,yang hadir di Android Studio 2.2 adalah ConstraintLayout ,yang  digunakan untuk memudahkan developer android , dalam  mendesain user interface atau antarmuka pada Aplikasi ,secara fleksibel dan dinamis ,dengan cara drag and drop , tanpa harus melibatkan banyak layout bersarang (Nested Multiple Layout).

 
1. Pertama kalian bisa membuka project , yang sudah ada di Android Studio.

2.  Pada  build.gradle (Module App) Kalian bisa menambahkan library, dari ConstraintLayout seperti pada gambar dibawah :

 
3. Lalu kita bisa mendrag ConstraintLayout ,pada jendela kiri Palette , lalu pilih Layouts ,  dan kemudian  pilih ConstraintLayout. seperti pada gambar dibawah :

Atau kalian juga bisa mengconvert RelativeLayout  ke ConstraintLayout , pada window Component Tree .dengan klik kanan pada mouse , lalu pilih Convert RelativeLayout to ConstraintLayout. 

 
4. Untuk codingan xmlnya , kalian bisa lihat pada gambar dibawah:
5. Sekarang kita akan mulai mencoba mendesain ,User Interfaceya dengan cara drag and drop . Kita akan mencoba mendesain ,dengan menggunakan EditText dan juga Button pada ConstraintLayout ,dan bagaimana caranya agar bisa konsisten, di semua ukuran layar pada perangkat Android.

Hasil Codenya akan terlihat seperti ini :
Nah kurang lebih ,itu saja tentang Belajar Membangun User Interface (antar muka) Sederhana dengan ConstraintLayout di  Android Studio.
Terima Kasih.




 

Comments